Feeds:
Posts
Comments

Archive for January 19th, 2010

Penulis: Adhitya Mulya, Ninit Yunita, Alaya Setya, Iman Hidayat

Novel yang ditulis secara keroyokan ini (penulisnya ada empat orang!) bercerita tentang 4 orang sahabat yang bersahabat sejak kecil. Mereka adalah Francis, Farah, Retno, dan Jusuf. Nah, dalam persahabatan antara cewek-cowok ini, pasti ada benih-benih cinta yang menghiasi persahabatan mereka. Farah sejak dulu memendam cinta pada Francis. Francis sendiri mencintai Retno, dan sudah dua kali ditolak oleh Retno. Jusuf sendiri diam-diam mencintai Farah dan ingin sekali mengungkapkan perasaannya itu pada Farah.

Saat dewasa, mereka bekerja di negara yang berbeda-beda. Cerita pun dimulai saat Francis memberitahu ketiga sahabatnya melalui e-mail bahwa dia akan menikah dengan seorang wanita dan mengundang mereka untuk datang ke pernikahannya di Barcelona. Masing-masing dari mereka akhirnya berusaha untuk pergi ke Barcelona dari negara mereka masing-masing, untuk datang ke pernikahan Francis serta untuk menyelesaikan segala urusan ‘hati’ yang membayangi persahabatan mereka.

My Opinion:

Novel ini sebenernya biasa aja, khas chicklit-chicklit gagasmedia, ceritanya ringan dan ada unsur komedinya. Yang menjadikan novel ini menarik adalah traveling-nya itu. Masing-masing tokoh, dengan budget terbatas (seperti Jusuf)  berusaha untuk mencapai tujuannya dengan caranya masing-masing. Di sini juga diselipkan bermacam-macam tips seputar traveling, lumayan memberi pengetahuan juga. Dan perjalanan mereka juga bikin saya ngiri berat, melalui negara-negara yang mereka lewati, aih mau dooooong jalan-jalan keliling dunia.

Novel ini ditulis dengan sudut pandang masing-masing karakter (mungkin tiap penulis mengerjakan satu karakter). Sudut pandangnya mengingatkan saya pada novel Kamar Cewek-nya Ninit Yunita dan Okke Sepatumerah (dan ngomong-ngomong Ninit Yunita juga salah satu penulis novel ini), karena untuk membedakan masing-masing karakter para penulis memakai kata ganti: aku, saya, gua, gue (sama seperti pada Kamar Cewek). Karakternya juga menurut saya karakter-karakter khas chicklit. Ada yang serius, ada yang tenang, ada yang ngocol, dll. Karakter Farah itu tipikal cewek chicklit banget (kalo boleh nebak yang nulisnya pasti Ninit Yunita). Dan karakter Jusuf yang suka dipanggil Ucup ini, pasti Adhitya Mulya yang nulisnya! Cuman sayangnya humor yang ditampilkan melalui karakter Jusuf ini menurut saya gak selucu humor yang ditampilkan dalam novel Adhitya Mulya sebelumnya seperti Jomblo dan Gege Mengejar Cinta. Di sini humornya cenderung berlebihan dan garing *seperti joke sapi terbang itu*.

Secara keseluruhan, novel ini adalah novel yang menarik untuk dibaca. Ceritanya ringan dan mudah dicerna, cocok untuk dibaca untuk mengisi waktu luang. Awalnya saya mau ngasih 3 bintang aja buat novel ini, tapi karena cerita travelingnya yang menarik, saya tambah 0,5 deh jadi 3, 5 bintang 🙂

My Rating: 3,5 / 5

Read Full Post »