Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘audrey tautou’

Saya baru nonton film ini beberapa hari yang lalu. Dan ini adalah film Prancis pertama yang saya tonton (#pengakuan)! Sebelumnya malah saya gak tau sama sekali kalo ini film Prancis, hihi. Dan film ini sendiri baguuuuuus banget. Saya bener-bener tersentuh melihat keindahan dari film ini.

Sesuai judulnya, film ini bercerita tentang Amelie  (Audrey Tautou) , seorang pelayan sebuah restoran yang memiliki kepribadian yang unik sekali. Amelie adalah orang yang agak introvert, sejak kecil ia memiliki imajinasi yang sangat tinggi dan suka menciptakan dunia sendiri. Suatu hari, ia menemukan sebuah kotak berisi banyak mainan di apartemennya. Kotak “harta karun anak kecil” itu ditenggarai dimiliki oleh penghuni apartemen sebelumnya berpuluh-puluh tahun yang lalu. Amelie lalu memilki ide untuk mengembalikan kotak tersebut pada pemilik aslinya. Dengan penuh perjuangan, ia berusaha mencari pria tua yang dulunya adalah pemilik kotak tersebut. Akhirnya perjuangan tersebut membuahkan hasil, Amelie berhasil menemukan pria tua tersebut, dan mengembalikannya dengan cara yang amat berkesan, tanpa membuka identitasnya. Amelie begitu bahagia ketika melihat pria tua itu begitu terharu mendapat ‘harta karun’nya waktu kecil. Sejak itu, Amelie bertekad untuk membahagiakan orang-orang di sekelilingnya, mulai dari ibu-ibu tetangga apartemennya, seorang pelukis tua, teman kerjanya di restoran, bahkan ayahnya sendiri. Hal tersebut dilakukan Amelie dengan cara-cara yang unik dan sangat berkesan, tapi tanpa menunjukkan jati dirinya. Seperti peribahasa, “tangan kanan memberi, tangan kiri gak perlu tahu,” Amelie menolong orang-orang tersebut dengan tulus dan tanpa ada rasa pamrih. Lalu, meskipun ia selalu menolong orang-orang lain, lalu bagaimana dengan kebahagiaannya sendiri? Saya bener-bener menyarankan kalian untuk menonton film ini. Film ini wajib tonton pokoknya XD

Film ini hadir dengan kemasan yang unik dan indah. Dari adegan awalnya aja buat saya udah menarik! Saya sukaaa sekali melihat adegan-adegan awal di mana karakter-karakter di film ini diperkenalkan (misalnya: karakter ini suka ini dan benci itu). Adegan-adegan pengenalan tersebut membuat saya semakin menyadari bahwa setiap manusia memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Suara narator dalam membawakan narasi film ini pun turut memperkuat jalinan cerita film ini.

Humor dalam film ini pun amat menggelitik, melalui karakter Amelie yang kepribadiannya benar-benar unik, serta khayalan-khayalannya yang imajinatif. Adegan-adegan dalam film ini pun sangat unik dan mengundang kita untuk tersenyum (juga terharu). Selain itu, sinematografi film ini pun sangat indah dan amat memanjakan mata.

Melalui film ini kita diajak untuk belajar dari tokoh Amelie, yang selalu bersusah payah untuk membahagiakan orang lain. Baginya, kebahagiaan orang-orang di sekelilingnya turut membuatnya bahagia. Dan ia tidak pernah mengharap imbalan dari orang-orang yang ditolong (menunjukkan bahwa dia adalah ‘seorang penolong’ pun tidak sama sekali). Coba, masih ada gak orang yang seperti Amelie di jaman sekarang ini? Menolong orang tanpa mengharapkan apa-apa. Mungkin (mungkin ya) tanpa disadari kita (saya juga loh), setulus-tulusnya kita dalam menolong orang, kita pasti masih mengharapkan sesuatu dari orang yang kita tolong (walaupun sekedar ucapan terimakasih). Bahkan, kalo kata dosen saya, melakukan ibadah pun kita pamrih (karena mengharap pahala ataupun surga).

Selain hal itu, saya juga suka kisah percintaan antara Amelie dan si cowok pengkoleksi foto yang juga merupakan pegawai di sex shop. Mungkin di sinilah kita melihat sisi ‘pamrih’ dari seorang Amelie, berawal dari ingin mengembalikan buku koleksi foto milik cowok itu, ia mulai jatuh cinta dan berharap untuk dapat ‘dilihat’ oleh lelaki itu. Dan kisah cinta antara Amelie dan si pengkoleksi itu digambarkan sangat maniiiiiis sekali.

Dari segi akting, para aktris dan aktor film ini bermain sangat baik. Namun, yang paling perlu disorot tentunya karakter Amelie yang diperankan oleh Audrey Tautou. Audrey Tautou sangat pas dalam memerankan Amelie yang sifatnya sangat ‘unik’ sekali. Saya juga suka gaya rambutnya di sini, yang meskipun aneh tapi kalo diliat-liat lucu juga.

Ja, segini aja review dari saya. Film ini amatlah bagus, unik, juga menyentuh. 4,5 bintang deh!

Rating : 1 2 3 4,5 5

Advertisements

Read Full Post »